Yana Suprapti, KRTP Pengrajin Boneka Maskot Porprov Jatim VI 2019

Kota Malang, mothercarejatim.id – Kemeriahan Porprov Jatim VI tahun 2019 kemarin tak lepas dari tangan-tangan kreatif masyarakat “kecil” di Jawa Timur. Salah satunya adalah lima maskot dengan karakter satwa yang merepresentasikan khas dan simbol potensi daerah di Jawa Timur.

Kelima maskot tersebut adalah Si Beki, Si Giro, Si Lilo, Si Lawe dan Si Meli yang masing-masing menggambarkan karakter ayam bekisar, kerbau giras, ikan lele, ronggolawe dan burung meliwis putih. Maskot-maskot tersebut dibuat sedemikian rupa. Salah satunya berbentuk boneka

Menariknya, lima boneka maskot Porprov Jatim VI yang diluncurkan di Gedung Negara Grahadi Surabaya (16/6) tersebut adalah karya tangan dari salah satu KRTP sasaran program Jalin Matra PFK tahun lalu. Tepatnya adalah Yana Suprapti, KRTP dari Kelurahan Mergosono Kota Malang.

“Saya tidak menyangka bisa ikut memeriahkan Porprov kemarin dan saya senang sekali. Meskipun saya belum pernah ketemu Ibu Gubernur, yang penting boneka saya pernah bertemu beliau”. Ujar Yana sambil tersipu.

Aktivitas Yana Suprapti yang melibatkan pemuda di kampungnya dalam pembuatan boneka

Yana Suprapti adalah salah satu penerima bantuan program Jalin Matra PFK tahun 2018. Saat menerima bantuan, Yana merealisasikannya berupa mesin jahit dan bahan-bahan untuk membuat boneka. Harapannya ia bisa mengembangkan kreatifitasnya.

Dalam menyelesaikan pesanan bonekanya, Yana juga memberdayakan anak muda yang sudah lulus sekolah namun belum mendapatkan pekerjaan. Menurutnya dengan demikian ia bisa berbagi keterapilan dan penghasilan untuk mereka.

Sharing APBDes untuk...

Tinggalkan sebuah Komentar