Eny Umiati

ENY SUPER MOM DARI GLUNDENGAN

Eny Umiati, adalah sosok mothercare asal Desa Glundengan, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Perempuan yang sudah memasuki umur kepala empat ini merupakan sosok tangguh perempuan masa kini. Kegiatan kesehariannya adalah bertani dan berdagang sekaligus mengurus rumah tangga. Di sela pekerjaan hariannya yang sibuk, Eny adalah sosok perempuan yang sangat aktif di bidang sosial. Sebut saja Menjadi kader PKK sejak tahun 1997, menjadi kader aktif PKBD yang mempromosikan KB ke desa desa, menjadi Pengurus KPPs dengan jabatan sebagai ketua selama beberapa periode, menjadi pengurus koperasi wanita, serta menjadi pengurus TK dan MI di desanya. Selain itu meskipun kehidupannya sederhana, Eny juga menjadi ibu asuh bagi beberapa anak tetangga dan saudaranya yang kekurangan. “Saya senang bila saya bisa membantu sesama, karena itu berarti saya masih berguna di masyarakat.” Ujarnya.

Setelah adanya program Jalin Matra PFK di desanya, beliau dengan antusias dan sukarela menjadi mothercare Desa Glundengan. Beliau sudah dikenal aktif di desa, dan dikenal masyarakat luas sebagai kader PKK. Oleh karena itu beliau dengan mudah mampu dan bisa melaksanakan tugas sebagai mothercare dengan baik, mengawal dan mengawasi program pemerintah provinsi di desanya sendiri. Eny mempunyai cara unik untuk mengetahui kelayakan calon rumah tangga sasaran. Beliau bekerjasama dengan kader PKK di dusun dan RT RW untuk melakukan identifikasi awal tentang kelayakan calon rumah tangga sasaran, sebelum kami turun door too door ke lapang. Setelah mendapat informasi dari kader PKK beliau harus mengecek sendiri kondisi faktual KRTP calon penerima sasaran, sistem dobel cek ini supaya calon penerima bantuan adalah yang benar benar layak dan pantas menerima bantuan.

Tips dan trik ke depan dalam memotivasi dan mengarahkan KRTP, Eny siap  berbagi ilmu untuk membantu penataan warung da n pembuatan resep makanan yang enak. Eny juga siap setiap bulan melakukan kunjungan berkeliling ke rumah rumah KRTP untuk memantau perkembangan usaha KRTP binaannya. Beliau adalah pribadi yang tak segan belajar hal baru agar bisa mengikuti perkembangan jaman.Di usianya yang tak lagi muda beliau juga masih sempat kursus komputer agar bisa menggunakan komputer seperti anak muda lainnya, terbukti bahwa pekerjaan input data di database dan Mengerjakan Rancanagn Anggaran Biaya Eny sudah bisa melakukannya seorang diri. Super mom kita satu ini memang salut dan patut diacungi jempol ,disamping pekerjaan pribadinya yang seabrek dan masih menyempatkan waktu untuk aktif di kegiatan sosial. “Asalkan masyarakat di desa saya bisa lebih maju dan mandiri, saya dengan senang hati membantu dengan apa yang saya bisa.” ujarnya.

 

dahlia.ismi

seorang perempuan yang gemar bertani dan berkebun

Tinggalkan sebuah Komentar