Titin Kustinah

GURU PAUD SEORANG RELAWAN KRTP DARI DESA KEDUNGREJO

Salah satu Pendamping Desa saya adalah Ibu Titin Kustinah. Beliau asli orang Nganjuk, tepatnya lahir di desa Kedungrejo pada tanggal 7 Juli 1971. Alamat beliau dusun bendungan Desa Kedungrejo. Alhamdulillah, meski kehidupan orang tuanya kurang berkecukupan, beliau dapat menyelesaikan pendidikan sampai Perguruan Tinggi. Hal ini tidak lepas dari dukungan orang tua, saudara serta suaminya.

Awal mula menjadi Pendamping Desa karena ditugaskan oleh Bapak Joko Sujiono selaku Sekretaris Desa untuk mengikuti program Jalin Matra yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Tujuan beliau mengikuti program ini karena ingin mendapatkan pengalaman dan bermanfaat untuk masyarakat di desa Kedungrejo Kecamatan Tanjunganom. Menjadi pendamping desa membuatnya sadar bahwa di sekitar kita banyak orang yang lebih membutuhkan, khususnya Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) di Desa Kedungrejo, desa tercintanya.

Profesinya adalah sebagai pendidik di PAUD Dhermajaya yang beralamat di dusun Bendungan desa Kedungrejo, menjadi pendidik membuatnya memahami bahwa mendidik anak tidak hanya mengembangkan potensi yang mereka miliki namun memahami, mengerti dan peduli pada mereka. Sama halnya menjadi pendamping desa, menjadi pendamping desa juga harus ber-mother care . Artinya memahami, peduli dan mengerti tentang Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP).

Ketika pertama kali beliau terjun ke masyarakat untuk melakukan klarifikasi dan identifikasi kebutuhan KRTP, beliau melihat bahwa kehidupan mereka jauh lebih memprihatinkan dari yang beliau fikir. Banyak cerita yang beliau dapatkan dari para KRTP yang beliau datangi. Ada satu orang KRTP menolak bantuan yang diberikan karena mereka takut untuk mengelolanya, saat klarifikasi orang itu sulit ditemui dan setelah ditemui untuk kedua kali juga tidak ada orangnya.

Untuk program selanjutnya, beliau berharap agar waktu pelaksanaan dapat lebih cepat agar KRTP dapat segera memanfaatkan bantuan. Sehingga mereka tidak perlu lama untuk menunggu kapan bantuan ini akan diberikan. Seluruh Pendamping Desa juga berharap agar ke depannya banyak KRTP di Desa Kedungrejo yang  mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui program Jalin Matra.

 

(Penamping PFK kab. Nganjuk, Nurul Mila Istinawati)

Tinggalkan sebuah Komentar