Menik Darmawati

Menik Darmawati, Pejuang Dhuafa

Menik Darmawati seorang ibu Rumah Tangga Yang bertempat tinggal di dusun babatan Rt 006 / Rw 011 desa jenggawah kecamatan jenggawah kabupaten Jember. Bu Menik (sapaan Akrabnya) dengan status suami masih satu, anak juga masih satu. Pekerjaan sehari-hari ia sebagai tenaga Honorer di salah satu instansi Pemerintah di bidang Kesehatan yaitu di Puskesmas Jenggawah Kabupaten Jember.

Di puskesmas, Bu Menik bekerja sebagai tenaga administrasi dan sudah bekerja selama 17 tahun tetapi Ia belum PNS. Tapi Ia sangat bersyukur dengan pekerjaan ini Bu Menik bisa mengerti lebih jauh tentang kesehatan. Kegiatan sehari hari Bu Menik mengikuti posyandu yang ada di wilayah Desa jenggawah, selain posyandu setiap ada kegiatan di puskesmas seperti rapat, apel pagi dan kegiatan kegiatan lain Ia ikuti, karena kegiatan yang beliau lakukan sering di lapangan. Segingga ia banyak mengerti rata rata masyarakat yang ada di desa Jenggawah, terutama para janda yang kurang mampu dan yang mempunyai usaha kecil dengan bahan yang terbatas, sehingga Ia merasa tersentuh dengan keadaan mereka. Dalam hati Ia berdo’a mudah-mudahan ada bantuan dari pemerintah untuk para janda janda yang tidak mampu.

“Syukur alhamdullilah doa-doaku di kabulkan oleh Tuhan” Kata beliau, sehingga suatu hari Bu Menik beritahu oleh Kepala desa kalau ada Program Jalin Matra PFK dan membutuhkan Pendamping Desa untuk wilayah Desa Jenggawah. Kemudian Ia meminta ijin kepada Kepala Tata Usaha di tempat bekerja dan Alhamdulillah diberi ijin. Sejak itulah Bu Menik menjadi pendamping desa Program Jalin Matra PFK Desa Jenggawah bersama Dua pendamping Desa Lainnya.

“Setiap ada rapat di Kantor Desa Jenggawah tentang Program Jalin Matra PFK, saya selalu hadir sampai pendataan KRTP tidak peduli panas dan hujan bersama dengan pendamping desa yang lain kami melakukan Verifikasi per KRTP hingga tahu kondisi di tiap-tiap KRTP” ujarnya.

Pada tanggal 5 s/d 7 Mei 2017 Bu Menik mengikuti Orientasi Pendamping desa Program Jalin Matra PFK di Hotel NADIA Probolinggo.Dalam pelatihan itu banyak sekali ilmu yang Ia dapat sehingga Ia lebih memahami Program JALIN MATRA ini. “Selama disana saya merasa senang sekali karena bisa berkumpul dengan para pendamping desa se Kab Jember dan Kabupaten lain seperti Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Lumajang” tutur beliau.

“Dengan adanya Program ini sangat membantu sekali para KRTP yang ada di Seluruh Provinsi Jawa Timur pada umumnya dan khususnya di Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember, sehingga angka kemiskinan bisa berkurang. Harapan saya kepada semua KRTP yang mendapat bantuan Jalin Matra ini bisa mengembangkan usahanya agar kehidupannya menjadi semakin lebih baik dan saya akan memantau para KRTP setiap satu bulan sekali dengan tujuan untuk mengetahui usaha tersebut berkembang apa tidak” imbuhnya.

“Pesan saya untuk para KRTP, bantuan ini jangan disalahgunakan untuk keperluan lain karena pemerintah sangat memperhatikan para KRTP dan usaha yang anda jalankan semoga semakin sukses dan Berkah.Amien…Amien…Ya Robbal Alamin”.

“Terima kasih Pemerintah Jawa Timur yang telah membantu para KRTP,Semoga dengan adanya program ini masyarakat Jawa Timur bisa sejahtera”.

 

(Pendamping PFK kab. Jember)

Tinggalkan sebuah Komentar