RAHARDIAN FIERGI HANG ROMADHON

MOTHERCARE LAKI-LAKI ASAL SIDOMOJO

Mothercare dalam kamus Bahasa Inggris berarti perawatan ibu. Namun yang dimaksud mothercare di sini adalah sosok pendamping desa yang memiliki kepedulian yang tinggi, menjadi simpul interaksi dan berbagi antar Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) sehingga akan memupuk harapan serta semangat untuk berjuang bersama-sama dalam upaya keluar dari kemiskinan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki pada program Jalin Matra Program Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) Tahun 2019.

Mothercare memang identik dengan wajah perempuan, karena sasarannya juga perempuan. Namun Mothercare Desa Sidomojo Kecamatan Krian-Sidoarjo ini berjenis kelamin laki-laki. Namanya Rahardian Fiergi Hang Romadhon atau biasa dipanggil “Mas Hang” saat ini usianya 26 tahun. Sehari-hari beliau bekerja sebagai Perangkat Desa dan juga aktif di Karang Taruna Desa.

Pada mulanya dia sangat ragu dalam menerima tugas dan amanat dari Bapak Kepala Desa dikarenakan dirinya bukan seorang perempuan yang seharusnya menjadi mothercare, dalam benaknya berfikir “Apakah nanti tidak akan timbul masalah apabila seorang laki-laki yang menjadi mothercare, apakah nanti saya bisa membantu para penerima bantuan ini, apakah nanti saya hanya satu-satunya laki-laki yang menjadi mothercare.” Banyak keraguan yang timbul pada dirinya, akan tetapi kami beserta Bapak Kepala Desa dan staf-staf desa meyakinkannya agar mau melaksanakan tugas ini. Kami memberikan penjelasan kepadanya bahwa tak hanya beliau satu-satunya mothercare laki-laki dari Sidoarjo. Dari tahun-tahun sebelumnya sudah banyak mothercare laki-laki dalam program ini, banyak dari mereka berhasil membawa KRTP menjadi seorang yang lebih sukses dengan usaha yang dijalaninya. Kami juga selalu siap mendampingi dan membantu apabila terdapat kesulitan atau sesuatu yang belum dimengerti.

Setelah mengikuti pelatihan tentang Jalin Matra PFK di Selecta – Batu, dia mulai paham tentang program ini dan juga bukan hanya dirinya yang menjadi mothercare laki-laki. Dia berfikir bahwa amanat ini sangatlah berat, sebagai mothercare harus bisa mengayomi atau memberikan arahan kepada para KRTP yang usia dan wawasannya lebih luas daripada dia, namun dengan niat ikhlas dan bismillah dia memberanikan diri untuk mengemban tugas ini.

Pada tahap Klarifikasi dan Identifikasi Usulan Kebutuhan, beliau sering kali kebinggungan tentang bagaimana bahasa yang baik dan mudah dimengerti oleh para KRTP yang pada umumnya sudah berusia lanjut sehingga tidak berkali-kali menjelaskannya sampai KRTP paham. Pengalaman dia saat melakukan klarifikasi Kelayakan RTS ada juga KRTP yang menolak untuk diberi bantuan Jalin Matra PFK ini dengan alasan beliaunya takut jika sewaktu-waktu disuruh membayar atas bantuan tersebut dan juga karena menurutnya sudah tak mampu untuk melakukan usaha, namun kami menjelaskan bahwa program ini merupakan dana hibah yang tak mungkin untuk diminta menembalikan bantuan yang sudah diberikan dan juga apabila KRTP tidak mampu berusaha boleh dilimpahkan ke anggota keluarga yang lain asalkan masih dalam satu atap.

Harapan Mas Hang dalam Program ini agar segera terealisasikan sehingga nasib para KRTP bisa sejahtera dan dapat mengembangkan usaha yang dimiliki mereka atau bagi yang belum mempunyai usaha dapat segera memulai usahanya sehinga dapat menutupi kebutuhan hidup yang menjadi tanggungannya.

Tinggalkan sebuah Komentar