CERMAY OKTAVIA

PERJUANGAN MOTHERCARE MUDA

CERMAY OKTAVIA, adalah seorang Pendamping desa Kuniran Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi. Tempat tanggal Lahir Ngawi 25 Mei tahun 1980.  Sebagai Pendamping Desa, Mbak Cermay Oktavia merupakan seorang Mothercare yang dalam kehidupan sehari-harinya termasuk sebagai seorang Kepala Rumah Tangga Perempuan (Single Parent) karena suaminya bekerja jauh dari keluarga. Selain menjadi Guru PAUD di desa Kuniran Kec. Sine Kab. Ngawi, ia juga sangat berpengalaman dalam pengelolaan Kegiatan Desa mulai tahun 2009 sampai sekarang sehingga mempermudah dalam mendampingi KRTP miskin yang selama ini biasanya tidak punya kemampuan terhadap segala akses yang ada.  Selain itu Mbak Cermay Oktavia juga sering beraktivitas dalam kegiatan desa sehingga sudah sangat paham bagaimana kehidupan Kepala Rumah Tangga Perempuan Miskin yang ada di desanya.

Dalam pelaksanaan Program Feminisasi Kemiskinan ini Mbak Cermay Oktavia melakukan pendekatan secara pribadi untuk melakukan penggalian potensi yang ada di KRTP secara door to door, sehingga dapat memunculkan keinginan yang akan dilaksanakan oleh KRTP.  Beberapa kendala yang dihadapi adalah KRTP yang ada biasanya memiliki kemampuan yang terbatas dan kelemahan dalam informasi sehingga sangat sulit untuk melakukan pilihan usaha yang ada. Kondisi masyarakat yang merupakan daerah pertanian sehingga mayoritas KRTPnya adalah buruh tani, sehingga kemampuan untuk melakukan usaha sangat sulit, sedangkan potensi yang muncul adalah memelihara ternak terutama adalah kambing walaupun ada beberapa yang ingin melakukan usaha warung atau toko.

Selain sebagai pendidik, Mbak Cermay Oktavia merupakan seorang sekretaris koperasi wanita di desanya dan merupakan seseorang yang biasa diajak pemerintah desa dalam mengerjakan beberapa kegiatan adminitrasi kegiatan di desa. Dari beberapa hal yang dilakukannya di desa akan mempermudah kelanjutan Program Feminisasi Kemiskinan (Jalin Matra) di waktu yang akan datang.  Dalam bidang pengembangan usaha, Mbak Cermay Oktavia juga mengelola usaha penyediaan Koperasi Wanita sehingga akan mudah untuk melakukan pendampingan usaha KRTP dalam pengembangan usahanya. Selain itu Mbak Cermay Oktavia berencana untuk melakukan pendampingan secara berkelanjutan kepada  KRTP yang sudah menerima bantuan dengan melakukan arisan rutin sehingga kelompok tersebut akan bisa berkembang dan dipantau dengan difasilitasi oleh desa.

Tinggalkan sebuah Komentar