Dea Annice Purwadhani

PROFIL MOTHERCARE WONOKASIAN

Saya adalah salah satu pendamping desa program Jalin Matra PFK 2019 di Desa Wonokasian. Nama saya Dea Annice Purwadhani, tinggal di Desa Wonokasian tepatnya di Dusun Klitih. Kebetulan saya baru saja wisuda lulusan  SMAN 1 Sidoarjo. Semasa SMA saya pernah mengikuti kegiatan sosial yang bisa melatih jiwa sosial dan kemandirian. Saya juga pernah mengikuti OSIS yang dimana melatih kerjasama antar kelompok dan banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan dari berbagai macam event yang pernah diadakan di sekolah.

Pada suatu hari bapak saya menawarkan untuk menjadi Pendamping Desa Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan. Awalnya saya bertanya apa maksud dari program tersebut dan kriteria pendamping desa itu seperti apa. Lalu akhirnya saya menerima tawaran tersebut. Kemudian saya mengikuti pelatihan di Hotel Selecta selama 3 hari. Selama pelatihan diberikan materi yang menjelaskan mulai dari tingkat kemiskinan yang ada di Jawa Timur hingga prinsip dasar program Jalin Matra PFK itu sendiri.

Program Jalin Matra PFK ini memberikan bantuan kepada kepala rumah tangga perempuan yang secara ekonomi rendah. Hal ini dimaksudkan supaya mereka bisa membuat usaha sendiri untuk mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari. Program pemerintah ini memberikan bantuan sesuai permintaan dan kebutuhan RTS masung-masing. Bantuannya bukan berupa uang tetapi alat dan bahan untuk membuka usaha.

Setelah melaksanakan pelatihan, tak lama kemudian saya bersama dengan pendamping kabupaten melakukan klarifikasi data penerima program PFK yang sesuai dengan kriteria, dan mendata usaha apa yang mereka inginkan tetapi kami juga memberikan saran usaha yang sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar supaya di kemudian hari usaha mereka bisa berjalan dengan lancar.

Dengan adanya program PFK ini bisa membantu proses kelancaran peningkatan taraf hidup perekonomian kepala rumah tangga perempuan menjadi lebih baik ke depannya. Semoga bantuan ini berguna buat RTS sehingga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tinggalkan sebuah Komentar