Pujiati

WANITA PARUH BAYA PENYELAMAT BANGSA

Gelar “Pahlawan” nampaknya pantas didapatkan oleh Pujiati, wanita paruh baya yang kini mendedikasikan dirinya menjadi Mothercare atau Pendamping Desa Jalin Matra dan membantu masyarakat kecil keluar dari kemiskinan. Pengalaman ini bukan kali pertama bagi Bu Puji, sapaan akrabnya terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial. Pun sampai saat ini, Bu Puji masih menyempatkan diri aktif dalam  program pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK).

Bertempat tinggal di Dusun Bedingin, Desa Sukorejo, ibu yang berusia 46 tahun ini sangat aktif dan lincah dalam mendampingi masyarakat. Dengan bahasa komunikatif dan karakter yang ceria, membuatnya mudah akrab dengan orang lain, pun dengan KRTP yang beliau dampingi.

Menurutnya, janda sangat rentan terhadap kemiskinan, terlebih bagi mereka yang belum tahu potensi yang ada dalam diri mereka. Banyak sekali janda yang kemudian tidak berpenghasilan setelah ditinggalkan suami, namun juga tak jarang  yang sudah membuka usaha walaupun masih kecil-kecilan.

“Tujuan adanya program PFK (Program Feminisasi Kemiskinan) dari Jalin Matra tidak lain adalah untuk membantu dan mengarahkan KRTP agar mau dan mampu mengembangkan potensi yang mereka miliki sehingga bisa dikembangkan untuk menghidupi keluarga melalui pemberian bantuan modal usaha. Misalnya  saja KRTP Desa Sukorejo yang saat ini membuka usaha warung kopi. Bantuan usaha yang diperoleh dari Jalin Matra digunakan untuk membeli etalase, meja, kursi bahkan untuk merubah warung kopi menjadi warung nasi. Kami akan selalu siap mendampingi para KRTP mengelola dan mengembangkan usahanya,” jelas Bu Puji.

Di zaman seperti saat ini jarang sekali ditemui orang yang masih peduli dengan orang lain, bahkan bisa dikatakan tidak ada. Namun Bu Pujiati menepis anggapan tersebut. Menurutnya, peduli kepada sesama merupakan kewajiban bagi semua orang yang mampu. “Kita peduli bukan untuk mencari upah ataupun sanjungan dari orang lain.  Kita peduli untuk membantu saudara-saudara yang ditimpa nestapa, juga untuk mendapatkan ridho Ilahi”. Inilah Pahlawan Desa yang siap mengabdi, mendampingi dan membantu masyarakat kecil terentaskan dari persoalan kemiskinan. Bu Pujiati, sosok pendamping desa yang menyelematkan bangsa melalui harapan dan asa.  Sukses untuk Mothercare kita. Semoga dapat menjadi kebanggaan keluarga dan masyarakat. #PFKNGANJUK_M. Zen Asyrofi,S.Pd

Tinggalkan sebuah Komentar