JAHIT DAN LAUNDRY MBAK ANJARWATI

  • Nama ANJARWATI
  • Alamat rumah JL MERAK RT. 003 RW. 002 DESA RINGINREJO
  • Alamat usaha JL MERAK RT. 003 RW. 002 DESA RINGINREJO
  • Jam usaha SETIAP HARI
  • No. Ponsel Masuk log untuk melihat

Testimoni penulis

Berperawakan kecil dan masih muda, namanya Anjarwati biasa dipanggi Mbak Anjar. Memiliki satu putri bernama Juanita yang masih berusia 12 tahun kelas 6 SD.  Menjadi ibu tunggal sejak tahun 2018, membuatnya putar otak agar tetap berpenghasilan demi kehidupan keluarganya.

Mbak Anjar yang tinggal di Desa Ringinrejo Jl Merak RT. 003 RW. 002 memiliki kios kecil yang jadi satu dengan rumahnya untuk menerima jasa jahit dan laundry. Jasa jahit yang ditawarkan yaitu model gamis terusan, baju seragam dll. Tarif tiap potong baju sekitar Rp75.000,- s/d Rp80.000,- atau bergantung pada tingkat kesulitan model baju.

Wanita berusia 35 tahun ini biasanya hanya menerima 4-5 stel baju dalam satu bulan, mengingat beliau juga memiliki usaha lain dan juga untuk menjaga kualitas jahitan agar rapi dan nyaman dipakai. Namun jangan khawatir karena beliau juga menerima permak baju baik itu mengecilkan baju/ celana juga bisa diperlebar. Untuk tarif permak sekitar mulai rentang harga Rp4.000,- s/d Rp15.000,- sesuai tingkat kesulitannya.

Selain jahit juga menerima jasa laundry yang sangat ramai saat ini. Meskipun di desa, banyak warga sekitar yang memanfaatkan jasa cuci baju dan setrikanya. Kebanyakan yang menggunakan jasanya adalah jasa setrika baju. Tarif laundry yang dikenakan antara lain, cuci setrika Rp5.000,-/kg , cuci kering Rp4.000,-/kg , dan setrika saja Rp3.000,-/kg.

Bantuan Jalin Matra PFK yang diperoleh Mbak Anjar adalah mesin jahit yang lebih baik kualitasnya agar lebih cepat dalam pengerjaannya dan menghemat waktu. Beliau juga mulai menabung untuk menambah usaha,yaitu toko jajanan atau warung kelontong. Sayangnya tempat yang dimiliki kurang lega untuk bergerak bebas, serta lokasi rumah yang terletak di jalan sempit. Namun hal terssebut tidak menyurutkan untuk tetap usaha dan membuat kualitas usahanya semakin dipercaya oleh pelanggan, agar selalu setia menggunakan jasanya. Dengan harga yang bersaing dan kepadatan penduduk yang ada, karena menurutnya rezeki seseorang tidak akan tertukar dengan milik orang lain.

Tinggalkan sebuah Komentar