Keripik Pare ala Bu Insiyah

  • Nama INSIYAH
  • Alamat rumah DSN MBARAN RT 01 RW01 DESA PURWODADI
  • Alamat usaha DSN MBARAN RT 01 RW01 DESA PURWODADI
  • Jam usaha setiap hari

Testimoni penulis

Orangnya cantik, berkerudung dan kalem, namanya Bu Insiyah, salah satu kepala rumah tangga perempuan (KRTP) di Desa Purwodadi tepatnya Dusun Mbaran RT 1 RW 1. Memulai usaha dari pertengahan tahun 2018 menjelang bulan Ramadhan. Modal yang dibutuhkan awalnya Rp500.000,- dengan alat yang dimiliki seadanya.

Usaha yang digeluti adalah pembuatan aneka keripik sesuai pesanan, yang paling sering dipesan adalah keripik pare. Pare yang memiliki rasa yang pahit dibuatlah keripik yang gurih dan tidak terasa pahitnya. Beliau juga membuat aneka stik sayuran, belakangan ini mencoba membuat kreasi keripik terong, namun masih belum berhasil. Harga yang dibanderol sangat terjangkau, keripik pare per kilonya Rp60.000,- dan stik sayuran Rp40.000/kg. Ada kemasan siap makan juga, dibungkus dengan kemasan flip yang sangat praktis, berisi 250 g tiap bungkus. Dalam sehari bisa menghasilkan sampai 30 bungkus. Harga pare tidak menentu, harga paling murah sekitar Rp1.500,- dan terkadang sampai Rp6.000,-. 15 kg pare menghasilkan keripik 25 bungkus dengan kemasan 250 gr.

Setelah mendapat realisasi dan permintaan untuk usahanya adalah spinner untuk mengeringkan minyak dan cup sealer untuk menambah usaha jualan es, namun masih belum dimulai. Keuntungan yang didapatkan setelah memiliki spinner adalah lebih hemat dalam pemakaian minyak, menambah krispi keripik pula. Awalnya memproduksi keripik hanya jika ada pesanan saja ketika menjelang bulan Ramadhan dan hari raya. Kini karena sudah banyak dikenal setiap hari tetap produksi dan dipasarkan di toko milik BUMDesa Purwodadi. Biasanya pembeli pesan lewat whatsapp (wa) untuk media sosial masih belum memiliki. Yuk mari, bisa pesan keripik pare Bu Insiyah.

Tinggalkan sebuah Komentar