Kepala DPMD Pasuruan Himbau Desa Mereplikasi Jalin Matra dari Dana Desa

Pasuruan, mothercarejatim.id – Selasa. 30 April 3019 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melaksanakan Sosialisasi Program Jalin Matra Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Pasuruan di Rumah Makan Kurnia Pasuruan. Peserta yang hadir dari unsur kecamatan, kepala desa, bendahara desa, dan BPD serta pendamping kabupaten. Sebagai sekretariat tetap kabupaten Jalin Matra, DPMD melaksanakan fungsinya sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah provinsi.
Kabupaten Pasuruan mendapat alokasi Jalin Matra (Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yaitu Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) dan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2). Jalin Matra merupakan program unggulan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur periode Gubernur Soekarwo, hingga tahun 2019 inipun masih ada karena saat pengesahannya masih dalam RPJMD Gubernur Soekarwo.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Pasuruan Drs. Tri Agus Budiharto menegaskan pada seluruh peserta yang hadir bahwa program Jalin Matra ini adalah Program yang mulia, beliau juga menghimbau pada Desa-desa yang mendapat alokasi sedikit dari pemerintah Jawa Timur untuk mereplikasi dari Dana Desa pada tahun berikutnya.
“Program Jalin Matra ini adalah Program yang sangat mulia, ada beberapa desa yang sudah berhasil mereplikasi PFK dari Dana Desa, oleh karena itu bagi desa yang mendapat alokasi sedikit dari Provinsi supaya bisa mereplikasi dari Dana Desa. Secara teknis silahkan Desa berkonsultasi dengan bagian APBDes di DPMD” tambahnya.

Tinggalkan sebuah Komentar